Unit inilah yang sekarang ini paling banyak dipakai, terutama oleh komputer mikro. Model apapn ketik ini sangat bervareasi. Pabrik yang satu dan yang lain terus berlomba menciptakan papan ketik yang modern, praktis dan fleksible. Walaupun papan ketik tersebut berbeda model dan bentuknya, tetapi pada umumnya tidak banyak perbedaan dan fungsinya. Papan ketik yang banyak dipergunakan oleh pengguna komputer dibagi 3 bagian, yaitu:

  1. Tombol mesin ketik biasa. Tombol ini adalah kelompok tombol yang biasanya ada di bagian tengah dari papan ketik. Tombol-tombol ini kerjanya sama seperti mesin ketik biasa. Posisi hurufnya pun pada umumnya sama.
  2. Tombol Numerik/ Angka. Tombol ini biasanya berada di bagian sebelah kanan papan ketik. Tombol ini juga sering digabung dengan tombol anak panah (untuk menggerakkan kursor). Apabila akan menggunakan tombol numeriknya, maka kita biasanya harus menekan tombol pengunci numeric (num lock). Tanpa menekan tombol tersebut maka yang berlaku adalah anak panahnya. Tombol numeric ini berfungsi untuk mempermudah kita apabila kita akan memasukkan data numeric/ angka yang banyak. Sebenarnya kelompok tombol mesin ketik juga tersedia tombol numeric yang berjajar segaris lurus tepat diatas tombol huruf-huruf yang fungsinya juga sama untuk memasukkan data angka. Tetapi akan terasa sulit dan banyak membuang waktu apabila kita menggunakan tombol ini berhubung peletakannya adalah deret memanjang, sehingga tangan kita harus bergerak menempuh jarak yang panjang apabila kita menggunakan kelompok tombol tersebut. Lain halnya kita apabila menggunakan tombol numeric disebelah kanan, gerakan tangan kita akan jauh lebih hemat, oleh karena jaraknya hanya pendek saja, sehingga kecepatannyapun jauh lebih baik.
  3. Kelompok tombol fungsi. Kelompok tombol ini biasanya berada paling atas (diatas tombol mesin ketik biasa). Tombol ini fungsinya menampilkan suatu perintah. Fungsinya akan berubah kalau kita menggunakan program yang lain, dengan kata lain setiap fungsi di kelompok ini sesuai dengan program yang kita pakai.