Intel atom adalah suatu jenis prosesor milik Intel yang masuk dalam jajaran CPU IA-32 dan x86-64 yang memiliki kebutuhan daya sangat rendah. Awalnya prosesor ini didesain dengan teknologi 45 nanometer CMOS dengan nama kode Cedar. Lalu akan diproses dengan teknologi 32 nanometer berdasarkan arsitektur Bonnel.

macam-macam prosesor intel atom

Sebenarnya Intel Atom adalah penerus dari mikroprosesor berdaya rendah Intel A100 dengan nama kode Stealey. Stealey dibuat dengan teknologi pemrosesan 90 nanometer, memiliki cache L2 sebesar 512 KB dan berkecepatan 600 Mhz dan 800 Mhz dengan Thermal Design Power (TDP) sebesar 3 watt. Intel suatu ketika pernah mengungkapkan bahwa mereka mendesain prosesor mobile dengan kode nama Diamondville untuk perangkat sejenis laptop murah. Nama Atom sendiri disandang oleh prosesor yang memiliki kode nama Silverthorne. Sementara chipset yang awalnya menggunakan kode nama Menlow diganti menjadi Centrino Atom.

Intel secara resmi mengumumkan bahwa Silverthorne dan Diamondville dapat disebut sebagai Intel Atom seri N2xx pada Intel Developer Forum 2008 di Shanghai. Silverthorne dengan daya rendah yang lebih mahal akan digunakan pada Intel Mobile Internet Device (MID), sedangkan Diamondville akan digunakan pada notebool dan desktop berbiaya rendah. Beberapa macam contoh motherboard Mini-ITX yang support Intel Atom N2xx juga ipamerkan dalam ajang tersebut. Intel dan Lenovo secara bersama-sama juga mengumumkan MID yang menggunakan prosesor Silverthorne, yakni Lenovo Ideapad U8.

Silverthorne adalah proseseor yang memiliki seri Atom Z5xx dengan core tunggal 45 nanometer dan tidak memiliki on-die GPU. Silverthorne pertama kali diluncurkan pada April 2008. Prosesor ini digunakan pada MID, UMPC dan Lifestyle PC. Pada April 2008, perangkat pengembangan MID diumumkan oleh Shopie Systems, dimana board pertamanya disebut sebagai CoreExpress-ECO telah dipamerkan oleh LiPPPERT Embedded Computers, GmbH, sebuah perusahaan dari Jerman. Selengkapnya disini

http://belajar-komputer-mu.com