gareng-van-java-241x300Es Gabus merupakan jajanan tradisional yang kini dipopulerkan kembali oleh 3 mahasiswa pertanian universitas brawijaya yakni Karunia Ramadhani, Balkis Dwi Maysita dan Dwi Rahayu Ningrum melalui Program Kreativitas Mahasiswa. Saat ini, es gabus jarang ditemukan karena sudah sedikitnya penjual es gabus. Brand produk ini ialah “Gareng Van Java”. Karunia mengatakan disebut “Gareng Van Java” dikarenakan gabungan singkatan dari Gareng dan Van Java. Gareng berasal dari istilah Es Gabus Rempah Wayang dan maksud dari Van Java ialah sebagai media pengenalan kharisma budaya Jawa kepada masyarakat luas. “Gareng Van Java” diproduksi dengan inovasi dan variasi  tampilan baru yaitu berbentuk seperti wayang gunungan  agar para konsumen tertarik untuk membelinya.

Pemilihan rempah sebagai varian rasa, dikarenakan rempah memiliki kandungan yang dapat menjaga imunitas tubuh dan mencegah penyakit seperti batuk dan influenza yang dipercaya sejak dahulu. Tidak hanya itu, “Gareng Van Java” juga memiliki keunggulan dalam kemasan yaitu unik terdapat gambar Gareng dengan pepatah Jawa.

“Gareng Van Java” juga dijuluki sebagai es pengingat zaman nostalgia waktu kecil. “Gareng Van Java” juga dipasarkan di area kampus  maupun luar kampus, mulai dari masyarakat umum, mahasiswa hingga dosen. Seperti konsumen setia salah satu ini yaitu Kresnawati mengatakan bahwa  Es Gareng merupakan es yang memiliki keunikan yaitu ketika digigit es ini diibaratkan seperti gabus empuk  yang dingin dengan rasa yang nikmat. Ada banyak rasa pada Es Gareng Van Java ini yang terbuat dari rempah – rempah pilihan yaitu mulai dari rasa pandan, jahe, kunyit asam, vanila dan beras kencur. Harga yang ditawarkan  ialah Rp 2000,- setiap bungkusnya .Murah kan ayoo segeraaa coba Es Gareng Van Java Sehat dan Nikmat dijamin memuaskan.