pupuk_bio_agens_karya_mahasiswa_fp_ub_3276_20130424120219Pupuk hayati nokulan jamur dan bakteri racikan mahasiswa FPUB mulai memasuki pasar pertanian di beberapa wilayah Malang dan sekitarnya, penggagas produk ini adalah Ike Novitasari dari program studi Agroekoteknologi, Maulana Nuril Huda dari Jurusan Budidaya Pertanian dan Zainudin dari Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan.

Hasil racikan pupuk hayati mereka ini dikenal dengan nama Bio Agens. Bio Agens ialah pupuk yang berisikan kombinasi agens hayati yang dapat memberikan keuntungan bagi pertumbuhan tanaman budidaya. Perannya tidak hanya sebagai pupuk tetapi juga berperan sebagai bio-fungisida, bio-bakterisida dan ZPT.

Agens hayati yang terkandung di dalam Bio Agens mampu memproduksi antibiotik tertentu sehingga patogen yang menyerang tanaman budidaya dapat terpenetrasi dan mengalami lisis. Dengan begitu produk ini tidak hanya mampu meningkatkan serapan unsur hara tapi juga dapat meningkatkan ketahanan tanaman.

Salah satu mahasiswa, Ike mengungkapkan ide ini muncul karena adanya permasalahan lingkungan pada masyarakat petani akibat dari penggunaan pupuk dan pestisida kimia sintetis secara terus menerus, seperti lahan menjadi rusak dan terjadi resistensi pada patogen penyebab penyakit tumbuhan,

“Sehingga produktifitas dan ketahanan tanaman menurun. Oleh karena itu, diperlukan inovasi pupuk dan pestisida yang lebih efektif dan efisien bekerja sebagai musuh alami patogen tanaman yang ramah lingkungan,” paparnya.

Maulana menambahkan pupuk hayati ini semakin bernilai lebih karena bahan aktif dari produk Bio Agens yang digunakan ialah material biologis.

“Jadi tidak akan memberikan dampak negatif berupa residu kimia sintetis yang membahayakan bagi manusia dan lingkungan,” ungkapnya.

Sebagai produk yang ramah lingkungan, Bio Agens dikemas dalam konsep pengemasan yang menarik dengan desain dan warna yang simple, sehingga konsumen lebih mudah untuk mengenal dan mengetahui fungsi produk serta didukung dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp. 20.000/kemasan 1 liter.

Karya mahasiswa FPUB ini tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) dan mendapatkan pendanaan dari Dirjen Dikti dibawah Dosen Pembimbing Kurniawan Sigit Wicaksono,SP,MSc.. Selama tiga bulan mereka menjalankan karya ini dan berharap bisa menuju Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2013 nanti. (Prasetya UB)