Limbah biji buah alpukat yang biasanya dibuang karena tidak terpakai dan banyak ditemukan di sejumlah pedagang jus buah, es campur hingga rumah makan ternyata mempunyai manfaat yang sangat besar bagi kesehatan. Sekelompok mahasiswa dari Universitas Brawijaya kini tengah mengembangkan dan berhasil mengubah limbah biji buah alpukat menjadi pizza lezat yang bisa meminimalisir obesitas dan ancaman penyakit diabetes mellitus. Mereka adalah Presticia Rosa Indri Wardani, Diyah Ayu Safitri, Yuni Basuki, Sumini dari Fakultas Pertanian dan Afifah Puji Hastuti dari Fakultas Teknologi Pertanian.

Karya mereka bahkan mendapat pendanaan dari Dirjen Dikti untuk Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K). Selama tiga bulan, mereka menyelesaikan karya ini yang diharap bisa melenggang menuju Pekan Ilmah Mahasiswa Nasional (Pimnas).

Salah satu mahasiswa, Presticia mengatakan bahwa pembuatan Avocado Seeds Pizza (AVOS-PIZZA) karena melihat peningkatan angka impor tepung terigu di Indonesia semakin naik dari tahun ke tahun dan pemanfaatan biji alpukat yang mengandung zat pati cukup tinggi, kandungan air dan mineral sebagai bahan substitusi terhadap tepung terigu dapat dimanfaatkan untuk meminimalisasi penggunaan impor tepung terigu.

Berawal dari itulah kemudian mereka mulai mencari cara bagaimana membuat produk pangan yang disukai masyarakat namun dengan harga terjangkau dan menggunakan biji alpukat sebagai bahan substitusi tepung terigu.

Afifah menjelaskan agar biji alpukat tidak terasa pahit, maka dalam pengolahannya harus dibersihkan dan diberi perlakuan secara khusus dan sempurna. Pemilihan biji alpukat juga tidak sembarangan. Kami menggunakan biji alpukat yang masih segar. Dan dalam proses mencari biji buah alpukat sangat mudah ditemukan.

Avocado Seeds Pizza (AVOS-PIZZA) merupakan pizza inovasi baru dan pertama dari biji alpukat yang dapat meinimalisir obesitas dan ancaman penyakit diabetes. Pembuatan AVOS-PIZZA ini juga menggunakan gula yang rendah kalori dan menyediakan 2 macam topping yaitu mix vegetable pizza dan mix chicken pizza. Hanya Rp 5.000, konsumen mendapat 1 kotak AVOS-PIZZA berisi 2 slice ukuran medium “Keep Healthy with AVOS-PIZZA”.

Berminat? Silahkan hubungi 085655994074.