Manfaat asi bagi bayi yang baru lahir mau pun yang sedang proses tumbuh kembang memang sangat besar manfaatnya karena akan mempengaruhi tumbuh kembang sang bayi bagi kehidupan selanjutnya sebagai balita, anak – anak maupun remaja. Membuat keputusan untuk menyusui adalah masalah yang sangat pribadi yang menyangkut emosi sang ibu dalam perjuangannya setelah melahirkan sang bayi yang tercinta. Banyak sekali sang ibu muda yang baru melahirkan bayi mengalami berbagi kendala dalam memberikan asi sehingga acapkali sang ibu menolak untuk memberikan asi.

ASI menyediakan nutrisi yang ideal untuk bayi karena asi merupakan perpaduan sempurna dari vitamin, protein, dan lemak yang semuanya diperlukan bayi untuk terus tumbuh dan berkembang. Asi lebih mudah dicerna daripada susu formula dan mengandung antibodi yang membantu bayi melawan virus dan bakteri.

Manfaat Asi Bagi Bayi dan Balita

manfaat-asi

Manfaat asi bagi bayi adalah untuk mengurangi resiko asma atau alergi. Usahakan bayi mendapat ASI eksklusif untuk enam bulan pertama sehingga imunitas bayi tetap terjaga. Dalam beberapa studi menunjukkan bayi yang mendapatkan asi memiliki nilai IQ yang lebih tinggi dibanding dengan bayi yang menggunakan susu formula.

Selain itu bayi yang diberikan asi sejak lahir memiliki ikatan bathin yang lebih kuat dengan sang ibu. Bayi pun merasa lebih aman dan tenang sehingga perkembangannya juga jauh lebih baik.

Pemberian asi kepada bayi juga berdampak positif kepada si ibu. AAP mengatakan menyusui memainkan peran dalam pencegahan SIDS ( sindrom kematian bayi mendadak ) dan juga menurunkan risiko diabetes, obesitas, dan mencegah kanker tertentu. Namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi temuan ini.

Menyusui juga membakar ekstra kalori, sehingga membantu menurunkan berat badan akibat kehamilan dengan lebih cepat karena menyusui akan melepaskan hormon oksitosin, yang membantu rahim kembali ke ukuran sebelum hamil dan dapat mengurangi perdarahan rahim setelah melahirkan.

Menyusui menurunkan risiko kanker payudara dan ovarium. Jadi manfaat asi sangat penting baik bagi bayi maupun sang ibu.