Pare merupakan jenis sayur mayur yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun rasa dari pare ini cukup pahit namun dengan pengolahan yang benar rasa pahitnya akan berkurang namun tentu saja tidak akan mengurangi khasiat dari pare ini. Manfaat pare bagi kesehatan memang sudah diketahui sejak lama dan dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai keluhan penyakit.

Pare yang di masukkan dalam suku labu-labuan ini merupakan tanaman menjalar atau merambah yang tumbuh subur di area tropis. Pare atau yang juga dikenal sebagai peria ada 3 jenis yaitu peria gajah, peria ular dan peria hijau. Yang sering digunakan masyarakat adalah peria gajah dan peria hijau.

Manfaat Pare Bagi Kesehatan

manfaat-pare-untuk-kesehatan

Buah Pare memiliki rasa yang pahit dan dipercaya rasa pahitnya ini sangat membantu dalam proses membersihkan darah kotor yang ada pada tubuh manusia. Menurut hasil penelitian yang ada, manfaat pare bagi kesehatan utamanya bisa mengobati,

1. Mampu mengobati penyakit kencing manis, karena bersifat hipoglikemik yang mana melalui insulin nabati mampu mengurangi kadar gula dalam darah serta air kencing.

2. Digunakan sebagai pencegah anti kanker karena memiliki kandungan beta karoten lebih besar dua kali daripada brokoli.

3. Buah pare mampu merangsang nafsu makan, menyembuhkan penyakit kuning serta memperlancar pencernaan.

4. Extrak biji pare bisa digunakan sebagai pembasmi alami larva nyamuk Aedes Aegypti yang menyebabkan demam berdarah.

5. Mengonsumsi pare secara rutin membuat imun tubuh lebih kebal terhadap serangan virus dan mengurangi resiko terkena serangan jantung

6. Membantu perkembangan virus HIV, karena mengandung MAP 30 atau protein alpha-momocharin yang bisa mencegah perkembangan virus HIV.

7. Pare juga baik bagi kecantikan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi mampu menangkal radikan bebas yang ada sehingga kecantikan kulit tetap terjaga.

Karena banyaknya manfaat yang ada pada pare, maka tidak heran banyak ahli kesehatan yang menyarankan mengonsumsi pare pada saat proses penyembuhan setelah sakit. Tanaman pare merupakan tanaman yang mudah dibudidayakan, sehingga jika anda ingin mengonsumsi pare maka tidak akan sulit menemukannya sehingga manfaat pare bisa anda rasakan.

http://manfaatsehat.com/manfaat-pare-bagi-kesehatan/