Temulawak merupakan salah satu rempah yang ada di Indonesia dan sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Ini dikarenakan, tanaman ini memiliki senyawa kimia berupa fellandrean serta turmerol yang acapkali disebut dengan minyak menguap.

Selain itu, temulawak juga mengandung minyak atsiri, glukosida, kamfer, foluymetik karbinol serta kurkuminoid. Inilah mengapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh ini cukup banyak. Salah satunya adalah untuk mengobati gangguan pencernaan seperti perut yang kembung, dyspepsia serta indisgestion.

Dalam sebuah penelitian juga diungkapkan bahwa penderita penyakit, seperti yang telah disebutkan diatas berangsur membaik pasca mengkonsumsi ramuan temulawak teratur.

Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan Tubuh

Selain itu, manfaat dari temulawak ini juga bisa digunakan sebagai obat osteoarthritis dengan meringankan peradangan dalam sendi. Ini sudah terbukti digunakan oleh orang India sejak beberapa ribu tahun lalu.

manfaat-temulawak

Bahkan temulawak ini juga dikenal dapat digunakan sebagai obat kanker, seperti kanker usus, dan prostat serta kanker payudara. Bahkan dalam sebuah penelitian ilmiah, temulawak atau yang biasa disebut dengan curcuma ini memiliki kandungan yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

Salah satu universitas di Maryland juga menyatakan jika manfaat temulawak untuk kesehatan ini dapat bekerja dengan cara menghentikan suplay pembuluh darah terhadap pertumbuhan kanker. Inilah mengapa, temulawak ini layak untuk dikonsumsi secara rutin setiap hari untuk menghentikan sel kanker dalam tubuh.

Adapun penyakit lain yang bisa diatasi dengan mengkonsumsi temulawak adalah sakit limfa, ginjal dan juga sakit pinggang. Pada umumnya penyakit ini bisa mengkonsumsi ramuan temulawak yang direbus ini 1 hingga 3 gelas dalam sehari secara teratur.

Tak hanya itu, manfaat temulawak untuk kesehatan ini juga bisa mengobati asma, sakit kepala, masuk angin, maaf, kembung, nyeri haid, menghilangkan bau anyir saat haid, memperbanyak ASI, sulit BAB, dan mampu menambah nafsu makan. Sedangkan untuk mencegah datangnya penyakit, anda bisa mengkonsumsi ramuan temulawak yang dikeringkan kemudian rebus dengan air sekitar 5 hingga 7 gelas hingga mendidih dan saring. Minumlah sekali dalam sehari, dan sisanya bisa disimpan dalam botol dan dimasukkan dalam kulkas setelah dingin.

http://wartabepe.staff.ub.ac.id/wp-admin/post-new.php